Rabu, 07 Januari 2009

Metode Silih Tanya

Metode Silih Tanya?

Teman-teman sekalian. Wajar kalau kita tidak kenal dengan metode ini, karena barang ini memang merupakan barang baru. Dr. Subanji Dosen Matematika di FMIPA UM baru-baru ini mengembangkan suatu metode pembelajaran yang disebutnya dengan istilah "Metode Silih Tanya". Menurut beliau, metode silih tanya ini bisa dijadikan sebagai suatu alternatif dalam pembelajaran matematika, karena memiliki empat karakteristik yang dapat mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan belajar secara menyenangkan. Empat karakteristik tersebut antara lain:
(1) problem posing,
(2) cooperative,
(3) competitive, dan
(4) permainan/game.

Metode silih tanya telah dikembangkan menjadi 4 (empat) model, yaitu:
(1) kompetisi biasa (individu),
(2) kompetisi berjenjang,
(3) kompetisi kelompok, dan
(4) kompetisi gugur bersemi.

Beliau berkenan berbagi ide di dalam blog ini. Beliau menyediakan makalah untuk itu. Anda tertarik untuk mengkajinya secara lebih mendalam? Silahkan unduh di sini.

Salam


3 komentar:

Nurisjifai Rosyidin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nurisjifai Rosyidin mengatakan...

saya tertarik dengan metode silih tanya ini
tapi saya kesulitan untuk mengunduhnya
bisa dikirimkan ke alamat email ini
mathec@rocketmail.com

Unknown mengatakan...

saya tertarik meneliti ini, tapi saya juga kesulitan untuk mengnduhnya..
mohon bisa dikirim ke email saya di
marthadwi4@gmail.com
terimakasih